MAMALIA

Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas". Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai.

Sebagian besar mamalia melahirkan keturunannya, tapi ada beberapa mamalia yang tergolong ke dalam monotremata yang bertelur. Kelahiran juga terjadi pada banyak spesies non-mamalia, seperti pada ikan guppy dan hiu martil; karenanya melahirkan bukan dianggap sebagai ciri khusus mamalia. Demikian juga dengan sifat endotermik yang juga dimiliki oleh burung.

Monotremata tidak memilki puting susu, namun tetap memiliki kelenjar susu. Artinya, monotremata memenuhi syarat untuk masuk ke dalam kelas Mamalia. Perlu diketahui bahwa taksonomi yang sering digunakan belakangan ini sering menekankan pada kesamaan nenek moyang. Mamalia dibedakan menjadi 13 kelompok :
1. Monotremata : platipus
2. Marsupialia : kangguru
3. Insektivora : tikus tanah
4. Chiroptera : kelalawar
5. Primata : lemur, monyet, kera, manusia
6. Edentata : armadilo, hewan pemakan semut, kukang
7. Lagomorpha : kelinci
8. Rodentia : tikus, tupai, landak
9. Odontoceta : lumba-lumba, paus, pesut
10. Karnivora : kucing, anjing, beruang, anjing laut, rakun, musang
11. Perissodactyla : kuda, zebra, tapir, badak
12. Artiodactyla : babi, unta, jerapah, domba, bison

About Me


Hi readers! My name is Devia, I'm indonesian. thanks for reading my web. Enjoy it!

see u ^^